Akib, Nirwana (2025) Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
Nirwana Akib-2120203887220005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Keberagaman budaya, suku, dan agama merupakan kenyataan sosial yang tidak terelakkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di lingkungan pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan multikultural menjadi sebuah keniscayaan agar peserta didik dapat menghargai perbedaan dan hidup harmonis di tengah keberagaman. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai mata pelajaran yang membahas aspek sosial dan budaya memiliki potensi besar dalam menginternalisasikan nilai-nilai multikultural. Namun, di lapangan masih ditemukan tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam proses pembelajaran secara efektif. Hal ini mendorong pentingnya mengkaji strategi konkret yang digunakan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS, khususnya di SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai multikultural dan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru IPS, peserta didik, dan kepala sekolah. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS telah menerapkan berbagai strategi seperti diskusi kelompok, pengaitan materi dengan konteks lokal, serta pembelajaran berbasis nilai. Strategi ini secara efektif mendorong peserta didik untuk memahami, menerima, dan menghargai keberagaman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan guru memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk kesadaran multikultural peserta didik, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek evaluasi dan keterlibatan seluruh ekosistem sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Nilai-nilai Multikultural, Pembelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:58 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |