Hijriani, Hijriani (2025) Pengembangan e-modul IPS Berbasisi SDGs Untuk Menumbuhkan Kesadaran Peduli Lingkungan siswa MTS DDI Parangsialla Kab. Jeponto. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203887220003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Pemanfaatan bahan ajar telah menjadi trend yang berkembang pesat di dunia pendidikan. Bahan ajar menjadi salah satu sumber belajar yang dibuat dan disediakan secara bebas dan dapat diakses oleh siapa saja melalui internet. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah modul. Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lengkah pengembangan, kevalidasi dan kepraktisan e-modul berbasis SDGs pada materi kesadaran peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Dick and Carey. Teknik analisis data terdiri atas deskriptif kuantitatif berupa presentase kevalidasi e-modul dan presentase respon penguna, dan analisis deskriptif kualitatif berupa kritikan dan saran perbaikan dari validator ahli dan pangguna. Subjek penelitian guru dan siswa. Lokasi penelitian di MTS DDI Parangsialla. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, hasil validasi diperoleh data bahwa e-modul dinyatakan oleh ahli (materi dan media) dengan presentase validasi sebesar 81,52% untuk aspek ahli materi dan 81,84% untuk aspek ahli media. Kepraktisannya e-modul dinilai melalui respon guru dan siswa sebagai pengguna langsung. Respon guru menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 87,27% dan respon siswa sebesar 86,37%, yang juga termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Kesimpulanya, e-modul layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif yang efektif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran di kelas VII

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul IPS, SDGs, Kesadaran, Peduli Lingkungan.
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1299 Other Built Environment and Design > 129999 Built Environment and Design not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:59
Last Modified: 09 Oct 2025 00:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item