Lutfiah, Lutfiah (2025) Analisis perbandingan penerapan kurikulum merdeka dan kurikulum 13 dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203887220016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka mengisyaratkan bahwa adanya perkembangan proses pembelajaran yang diharapkan oleh pemerintah pada mata pelajaran IPS di SMP/MTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan penerapan pelaksanaan pembelajaran IPS, Perbedaan penguatan karakter, dan perbandingan pelaksanaan evaluasi pada pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 di MTs Negeri Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yaitu guru IPS dan siswa kelas VII dan kelas IX. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian analisis perbandingan penerapan kurikulum merdeka dan kurikulum 13 dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Pinrang menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum Merdeka lebih mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual, sementara Kurikulum 2013 lebih terstruktur dan fokus pada pencapaian materi. (2) Evaluasi dalam Kurikulum Merdeka bersifat beragam dan berkelanjutan, dengan penekanan pada proses pembelajaran, sementara Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan pada penilaian akhir berupa tes tertulis.(3) Penguatan karakter dalam Kurikulum Merdeka lebih nyata melalui keterlibatan siswa dalam aktivitas kolaboratif seperti proyek dan permainan tradisional, sedangkan Kurikulum 2013 menekankan penguatan karakter secara teoritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:59
Last Modified: 09 Oct 2025 00:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item