Iswandi, Khayrul (2025) PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-FALAH BERA KABUPATEN SOPPENG. Masters thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2320203886108036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai penggunaan quizizz sebagai alat digital dalam evaluasi pembelajaran akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar santri di TPA Al-Falah Bera, Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Apakah penggunaan quizizz dalam evaluasi pembelajaran akhlak dapat meningkatkan motivasi belajar santri TPA Al-Falah Bera Kabupaten Soppeng?, dan 2) Apakah terdapat peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar santri TPA Al-Falah Bera, Kabupaten Soppeng antara sebelum dan sesudah penggunaan quizizz dalam evaluasi pembelajaran akhlak?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe one group pretest-posttest (Satu kelompok pretest-posttest). Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 santri dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi oservasi, angket, dokumentasi dan tes (pretest-posttest). Instrumen yang digunakan adalah angket skala likert untuk mengukur motivasi belajar santri sebelum dan sesudah penerapan quizizz. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan motivasi belajar setelah menggunakan quizizz dalam evaluasi pembelajaran akhlak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis yang menununjukkan bahwa t-tabel lebih kecil dengan t-hitung, maka H1 diterima yaitu (0,000<0,05). Dengan demikian, temuan ini terbukti bahwa quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri TPA Al-Falah Bera Kabupaten Soppeng. Implikasi dari penelitian ini adalah, pendidik di lingkungan pendidikan nonformal seperti TPA disarankan untuk mengadopsi media evaluasi digital yang inovatif guna mendorong motivasi dan partisipasi belajar santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Belajar, Evaluasi, Pembelajaran, Quizizz. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:42 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:42 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |