Audina, Neni (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK DI SMP IT YABIS BONTANG KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2320203886108032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Adversity Quotient peserta didik di SMP IT Yabis Bontang. Hal ini di dasari pada berbagai dinamika yang dihadapi oleh peserta didik yang berada di bangku sekolah menegah pertama yang mana seorang guru pendidikan agama islam dituntut untuk membentuk serta membekali peserta didik sebuah kecerdasan Adversity Quotient. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana implemantasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Adversity Quotient peserta didik di SMP IT Yabis Bontang Kalimantan Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Lokasi penelitian adalah SMP IT Yabis Bontang Kalimantan Timur. Data dikumpulkan selama tiga bulan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru dan peserta didik serta dokumen pendukung sebagai data sekunder. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Adversity Quotient peserta didik di SMP IT Yabis Bontang mencakup berbagai pendekatan terintegrasi yang berfokus pada pembinaan spiritual serta pembiasaan. Strategi yang diterapkan meliputi integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, pembiasaan melalui kegiatan keagamaan, pemberian keteladanan dan motivasi, hingga konseling Islami yang bersifat personal dan menjalin komunikasi terhadap wali murid. Strategi ini terbukti efektif dalam menanamkan AQ sebagai bagian dari penguatan karakter Islami. Faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Adversity Quotient (AQ) pada peserta didik khususnya di SMP IT Yabis Bontang, ini dapat terlihat pada meningkatnya kemampuan siswa dalam mengelola emosi, menghadapi kegagalan dengan sikap positif, menghindari perilaku negatif, serta tumbuhnya kedisiplinan dalam beribadah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Adversity Quotient (AQ). |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:20 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:20 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |