Mutmainnah Anwar, Nur (2025) RESPON GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI MA DDI GALLA RAYA KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks lengkap] Text (Teks lengkap)
2320203886108017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana respon guru terhadap implementasi media pembelajaran berbasis teknologi di MA DDI Galla Raya. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi sejauh mana keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang berbasis teknologi serta faktor-faktor yang memengaruhi sikap guru terhadap inovasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian adalah MA DDI Galla Raya, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan selama tiga bulan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap guru, kepala madrasah, serta peserta didik sebagai sumber data primer, serta dokumen pendukung sebagai data sekunder. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan, dengan bantuan perangkat lunak Nvivo 12 Pro untuk proses koding dan visualisasi data. Keabsahan data diuji dengan kredibilitas dan uji dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memberikan respon positif terhadap penggunaan media teknologi dalam pembelajaran. Mereka menilai teknologi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, memperluas akses terhadap materi ajar, dan membantu efektivitas proses pembelajaran. Namun, terdapat pula tantangan berupa keterbatasan kompetensi teknologi guru, kurangnya fasilitas pendukung, serta kebutuhan akan pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran berbasis teknologi di MA DDI Galla Raya memiliki potensi yang besar untuk mendukung kualitas pendidikan, asalkan disertai dengan dukungan infrastruktur, peningkatan kapasitas guru, dan komitmen dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Respon Guru, Media Pembelajaran, Teknologi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:10
Last Modified: 26 Aug 2025 08:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item