Saputra, Yusman (2025) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 10 Parepare). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan praktik pembelajaran yang menyesuaikan kurikulum, strategi mengajar, strategi penilaian, dan lingkungan kelas dengan kebutuhan semua siswa. Tujuan implementasi pembelajaran berdiferensiasi ialah untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi minat belajar dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory. Penelitian berfokus pada kondisi minat belajar IPS dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan memanfaatkan dokumentasi sebagai pendukung. Data di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data bersumber dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran IPS dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa memiliki minat yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran karena guru mata pelajaran IPS melaksanakan pembelajaran dengan ragam metode pembelajaran active learning dan menyesuaikan dengan gaya belajar siswa. 2) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dimulai dengan melakukan tes diagnostik awal oleh guru IPS untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa. Hasil tes dijadikan sebagai acuan dalam melakukan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk sehingga pembelajaran menjadi bermakna, meskipun guru masih harus meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tes dan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |