Warda, Warda (2025) Pemanfaatan hutan mangrove tongke-tongke sebagai sumber belajar IPS untuk peningkatan kepedulian pada peserta didik kelas VII SMPN 20 Sinjai (perspektif pendidikan islam). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kesadaran kepedulian lingkungan adalah sikap mental dan perilaku yang ditunjukan oleh individu atau kelompok dalam menghargai,menjaga dan melindungi lingkunga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hutan magrove sebagai sumber belajarnya untuk peningkatan sikap peduli lingkungan kepada peserta didik Di SMPN 20 Sinjai dengan proses kegiatan belajar dilakukan secara langsung di hutan mangrove. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana kesadaran peserta didik terhadap kepedulian lingkungan, pemanfaatan hutan mangrove tongke-tongke sebagai sumber pembelajaran IPS dalam peningkatan kepedulian lingkungan pada peserta didik, dan bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap penggunaaan hutan mangrove tongke-tongke sebagai sumber pembelajaran IPS untuk peningkatan kepedulian lingkungan pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian terdiri dari data primer, yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan peserta didik, serta data sekunder, yang diperoleh dari dokumen, jurnal dan referensi lain yang relevan dengan penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam melalui pengumpulan data deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk memperoleh kesimpulan yang valid dan akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesadaran peserta didik terhadap kepedulian lingkungan terbentuk dari tiga aspek yaitu pengetahuan lingkungan, sikap lingkungan dan perilaku hijau. Terlihat dari perubahan perilaku peserta didik yang tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan kelas, sementara itu, kesadaran kolektif muncul melalui kegiatan aktif dengan melakukan penghijauan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan merawat tanaman sayur di kebun sekolah yang telah di sediakan, dengan penuh tanggung jawab (2) pemanfaatan hutan mangrove sebagai sumber belajar IPS dalam peningkatan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dilakukan menggunakan dua strategi pembelajaran yaitu pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas, proses belajar dalam kelas dengan menggunakan media gambar dan video terkait dengan masalah lingkungan sedangkan pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan tahab kolaborasi dengan tahap model pembelajaran berdasarkan permasalahan. (3)dalam penelitian ini kepeduluan lingkungan dalam perspektif pendidikan Islam sesuai dengan ajaran islam, sebagai yang tercermin dalam QS. Alahzab, yang mengajarkan pentingnya menjaga amana Allah SWT terhadap alam dan lingkungan. Selain itu, dalam QS. Ali-Imran juga di sebutkan bahwa manusia diberi (tanggung jawab, keseimbangan,Larangan Kerusakan, gotongroyong dan melindungi)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hutan magrove, Sumber belajar dan Peduli lingkungan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |