Hakim, Abd (2025) Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ips Di UPT SMP 1 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang analisis penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS di UPT SMP Negeri 1 Parepare. Kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 1 Parepare membentuk peserta didik yang tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga memiliki sikap sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS, evaluasi kebijakan penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS di UPT SMP Negeri 1 Parepare. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan serta teknik pengumpulan data digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun analisis data melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian analisis penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS di UPT SMP Negeri 1 Parepare adalah: (1) Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Parepare telah diterapkan selama 3 tahun dan memiliki pelatihan dan komunitas belajar bagi guru, serta memberikan pengalaman pembelajaran di luar kelas melalui eksplorasi alam yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. (2) Evaluasi kebijakan Kurikulum Merdeka di SMP 1 Parepare memiliki pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan guru dan disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan bakat peserta didik serta menggunakan metode kinestetik dan visual sesuai materi dan kecepatan daya tangkap siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, kurikulum merdeka, pembelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:03 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |