Julyanti, Nanda (2025) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP di Kec. Tellu Limpoe Kab. Sidrap. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS di Kab. Sidrap, (2) untuk mengetahui peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam meningkatkan profesionalisme guru SMP di Kec. Tellu Limpoe Kab. Sidrap, (3) untuk mengetahui tanggapan guru terhadap peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam meningkatkan profesionalisme guru SMP di Kec. Tellu Limpoe Kab. Sidrap. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder yang dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan dan pengelolaan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, diterapkan teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan MGMP IPS di Kab. Sidrap terlaksana sesuai dengan program kegiatan yang diadakan secara berkala melalui pembinaan dan pengarahan untuk mencapai peningkatan profesional pendidik. (2) Ada 6 peran penting MGMP IPS di Kab. Sidrap dalam meningkatkan profesionalisme guru SMP yaitu, MGMP IPS berperan sebagai reformator, sebagai mediator, sebagai lembaga pendukung, sebagai kolaborator, sebagai evaluator dan pengembang reformasi sekolah serta sebagai pengawas. (3) Peran MGMP IPS Kab. Sidrap dalam meningkatkan profesionalisme guru SMP khususnya di Kec. Tellu Limpoe menghadirkan beragam tanggapan yang berdampak pada keterlibatan guru IPS dalam kegiatan MGMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, MGMP IPS, Profesionalisme, Guru IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:05 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |