Usrah, Usrah (2023) Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Religius dan Sosial Dalam Mata Pelajaran IPS Terhadap Peserta Didik Kelas VII A di UPT SMP Negeri 2 Baranti. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
USRAH_18.1700.032-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Karakter merupakan sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh seorang individu, karakter terdiri dari unsur konsep diri, kepercayaan, sikap, emosi, serta kebiasaan dan kemauan. Karakter juga sangat berkaitan dengan individu. Setiap manusia memiliki karakternya masing-masing yang membedakan hanya satu dengan yang lainnya. Karakter seseorang tercermin dari tata cara mereka berperilaku dan bersikap. Suatu karakter dapat bermanfaat dalam berbagai ranah kehidupan. Misalnya dalam bersosialisasi, bersosial dimana tak sedikit orang memilih untuk berteman dengan orang lainnya yang memiliki karakter cocok dengan mereka. Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas VII A UPT SMP N 2 Baranti teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitia menujukan bahwa 1. Nilai-nilai karakter religius dan sosial yang telah diterapkan dalam pembelajaran IPS telah memberikan dampak yang positif terhadap perubahan sikap peserta didik dari keadaan mereka sebelum masuk bersekolah di SMP dengan saat mereka telah belajar di kelas VII UPT SMP Negeri 2 Baranti. Selain itu, pembelajaran ini membantu peserta didik dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama, seperti bersikap baik dan saling menghargai sesama. Dengan demikian, pendidikan ini berperan dalam membentuk peserta didik menjadi pribadi yang seimbang antara pengetahuan dan karakter. 2. Dalam aktualisasi karakter religius dan sosial peserta didik dapat memahami adanya penerapan karakter yang ditanamkan di dalam sekolah terutama penerapan nilai karakter religius dan sosial. Penerapan yang sedang berjalan di dalam sekolah itu, contoh dari penerapan religius itu misalnya adanya kegiatan membaca Al-Qur’an pada hari jumat dilaksanakan dilapangan sekolah dan contoh kedua yaitu, pada saat memasuki mata pelajaran pertama dikelas harus dibuka dengan membaca salah satu surah pendek sebelum memulai pembelajaran yang akan di ajarkan oleh guru. 3. Peran guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter religius dan sosial yaitu dengan memasukkan perencanaan pembelajaran dalam modul ajaran yang akan diterapkan dan disampaikan oleh guru. Seperti yang tadi saya katakan bahwa pada saat peserta didik mau memulai pelajaran di dalam kelas, mereka diwajibkan untuk membaca salah satu surah pendek sebelum pembelajaran dimulai oleh guru. Begitulah cara guru atau peran guru dalam menyikapi penerapan nilai-nilai karakter religius dan sosial dalam SMP Negeri 2 Baranti.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Karakter, Religius dan Sosial |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:07 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 01:08 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
