Wijaya Wahab, Muhammad Indra (2025) Muhammad Indra Wijaya Wahab, Pengaruh Aktivitas Game Online dan Interaksi Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Konteks Pembelajaran IPS di SMPN 6 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas game online terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare. 2) pengaruh interaksi media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare. 3) pengaruh aktivitas game online dan interaksi media sosial terhadap hasil belajar kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare. Penelitian ini berdasarkan konteks pembelajaran IPS yang di dasari oleh banyaknya siswa membawa handphone ke sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi seluruh kelas V.III di SMPN 6 Parepare dengan memilih kelas VIII.2 sebagai sampel penelitian sedangkan VIII.1 sebagai uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner sebelum didistribusikan pada kelas yang menjadi sampel. Kemudian hasil penelitian akan diolah dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengaruh aktivitas game online terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare termasuk dalam kategori yang kuat dengan kriteria 68% dari kriteria yang telah ditentukan. 2) pengaruh interaksi media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare termasuk dalam kategori yang kuat dengan kriteria 71% dari kriteria yang telah ditentukan. 3) pengaruh aktivitas game online dan interaksi media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMPN 6 Parepare termasuk dalam kategori yang kuat dengan kriteria 71% dari kriteria yang telah ditentukan. Dengan aktivitas game online dan interaksi media sosial dapat memberikan pengaruh negatif pada hasil belajar siswa pada konteks pembelajaran IPS. Dengan ini harus memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS di SMP Negeri 6 Kota Parepare agar bisa memberikan perhatian lebih dan edukasi yang baik bagi siswa yang aktif bermain game online dan bermedia sosial dan diberikan kolaborasi sistem pembelajaran menggunakan ilustrasi game online dan media sosial pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Game Online, Interaksi Media Sosial, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |