Zulkifli, Zulkifli (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABLET TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
2020203888204025.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Tablet Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penggunaan media Tablet Siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare; (2) Bagaimana kemampuan berbahasa Arab Siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri kota parepare; (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media tablet terhadap kemampuan berbahasa Arab Siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.1 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Adapun teknik mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh suatu kesimpulan bahwa (1) Penggunaan Media Tablet Siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. 2238/2.480 = 0.902 atau 90,2% dari kriterium yang ditetapkan. (2) Kemampuan berbahasa Arab siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare berada pada kategori sangat tinggi 2546/2.790 = 0,912 atau 91,2% dari kriterium yang ditetapkan. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media tablet terhadap kemampuan berbahasa Arab siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Adapun tingkat hubungannya dapat dilihat melalui Correlation Coefficient yang sebesar 0,932. Apabila dikaitkan dengan tabel pedoman pemberian interpretasi, maka tingkat hubungannya termasuk sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Tablet, Kemampuan Berbahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | kiki saleh |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:03 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 03:03 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |