SUCIATMI, SUCIATMI (2025) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MTS PONDOK PESANTREN AT-TAQWA JAMPUE KAB. PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204015.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana peserta didik tidak dapat belajar dengan baik, disebabkan karena adanya gangguan yang dapat menghambat proses belajar peserta didik. Adapun faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar yakni dari segi pendekatan yang digunakan oleh guru ketika mengajar. Penggunaan pendekatan pembelajaran dapat mempermudah paraguru untuk memberikan pelayanan belajar serta mempermudah peserta didik dalam memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru, dengan memelihara suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di MTs pondok pesantren At-taqwa Jampue, dengan mewawancarai Kepala Madrasah, guru Bahasa Arab dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab peserta didik yaitu mendidik, membimbing, menginspirasi dan memotivasi siswa (2) Kesulitan belajar Bahasa Arab yang dihadapi yaitu kurangnya minat belajar siswa, minimnya kosakata, kesulitan pada aspek menerjemahkan dan kesulitan pada aspek membaca (3) Metode yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab yaitu metode caramah, sejawat (peer teaching) dan Fun learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kesulitan Belajar, Metode
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:56
Last Modified: 16 Jun 2025 02:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item