Armadani, Melya (2025) PENGGUNAAN TARIQAH AL-MUBASYARAH PADA PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN ITTIHADIYAH TANRE ASSONA KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1200.050.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tariqah Al-Mubasyarah merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran bahasa Arab, yang dimana langsung menggunakan bahasa Arab atau bahasa asing pada proses belajarnya. Tariqah Al-Mubasyarah dipercaya dapat meningkatkan kemampuan belajar bahasa Arab siswa karena terbiasa mendengar bahahsa Arab di lingkungan belajar, meskipun ada beberapa siswa yang kesulitan dalam pelafalannya. tujuan penelian ini adalah mendeskripsikan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab dan metode yang digunakan di pondok tersebut menggunakan Tariqah Al-Mubasyarah pada puenguasaan Mufradat. Penelitian ini menggunakan pendekakatan kualitatif yang bersifat desktiptif dengan bentuk studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data yang dikenakan yaitu trianggulasi data, kemudian teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan . Hasil penelitian dapat dikemukakan dalam proses penguasaan Mufradat bahasa Arab di MTs Ittihadiyah Tanre Assona dilakukan melalui tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan guru melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya, dimana pembelajaran dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun kendala yang dialami saat digunakannya Tariqah Al-Mubasyarah pada penguasaan Mufradat ada dua faktor yaitu: 1) faktor internal yang berasal dari dalam individu setiap peserta didik seperti kemampuan kognitif, motivasi, konsentrasi, dan kepercayaan diri. 2) faktor eksternal yang berasal dari kuar individu seseorang, faktor ini meliputi lingkungan sekitar termasuk orang-orang terdekat, ketersediaan sumber belajar, serta dukungan dari keluarga. Dan adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan sering mengulang-ulang materi pelajaran Mufradat dan mempraktekkannya baik di kelas maupun di luar kelas serta menjadikan Mufradat sebagai lagu sehingga peserta didik dapat mengucapkan atau melafalkan-nya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tariqah Al-Mubasyarah, Penguasaan Mufradat bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:16
Last Modified: 09 Dec 2025 06:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item