HARTONO, RUDY (2025) IMPLEMENTASI METODE MUHA̅WARAH DALAM PEMBELAJARAN MAHA̅RAH AL KALA̅M PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS TARBIYAH IAIN PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text
19.1200.014.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
19.1200.014.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab dituntut untuk mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, terutama dalam proses pembelajaran mata kuliah mahārah al kalām. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode muhāwarah, kendala dalam pengimplementasian metode muhāwarah dan upaya mengatasi kendala pengimplementasiannya dalam pembelajaran mahārah al kalām pada program studi pendidikan bahasa Arab fakultas tarbiyah IAIN Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, melakukan wawancara dengan dosen mata kuliah mahārah al kalām, ketua prodi, ketua HMPS dan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab IAIN Parepare serta alumni PBA IAIN Parepare dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa implementasi metode muhāwarah dalam pembelajaran al kalām di IAIN Parepare, dilakukan melalui tiga tahap yaitu: kegiatan pembuka, kegiatan inti/langkah penerapan dan penutup. Pada tahap inti, dosen melakukan pembelajaran sesuai dengan RPS yang telah dibuat sebelumnya, dimana pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kendala dalam pengimplementasian metode muhāwarah adalah kendala teknis, yaitu keterbatasan mufradat dan kurangnya pemahaman nahwu sharaf, kendala non teknis berkaitan tentang latarbelakang pendidikan, motivasi dan semangat belajar yang kurang, dan orientasi memilih jurusan pendidikan bahasa Arab karena pilihan kedua maupun bukan atas kemauan sendiri. Adapun upaya dalam mengatasi kendala tersebut adalah penyediaan mata kuliah berjenjang, halaqah arabiyyah, peningkatan motivasi, penggunaan teknologi, peningkatan interaksi dalam bahasa Arab serta evaluasi pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Muhāwarah, Mahārah al kalām, Mahasiswa |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:12 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:12 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
