HIKMAH, NUR (2025) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MTs YASRIB BATU-BATU KAB. SOPPENG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 19.1200.010.pdf] Text
19.1200.010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kompetensi profesional guru dengan keaktifan belajar pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana tingkat kompetensi profesional guru Bahasa Arab MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. (2) Bagaimana tingkat keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Arab di MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. (3) Apakah terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dengan keaktifan belajar pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional guru dengan keaktifan belajar pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 peserta didik dari seluruh peserta didik yang menjadi populasi, dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi profesional guru Bahasa Arab MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng termasuk kategori tinggi yaitu 0,814 atau 81,4%. (2) Keaktifan Belajar pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng termasuk kategori sedang yaitu 0.805 atau 80,5%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan keaktifan belajar pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefesien korelasi sebesar rhitung ꞊ 0.622 > 0.248, pada taraf signifikansi 5%. Koefesien korelasi berada di interval 0,60 – 0,799, maka termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Keaktifan Belajar Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 May 2025 04:09
Last Modified: 09 May 2025 04:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item