ANWAR, IRZAL MAHARJUNA (2025) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS KOSA KATA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.011.pdf] Text
18.1200.011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode pemberian kosa kata dan kedisiplinan belajar bahasa Arab peserta didik MTsN Parepare. Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, yaitu (1) Bagaiamana metode pemberian tugas kosa kata bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTsN Parepare? (2) Bagaimana kedisiplinan belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN Parepare? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara metode pemberian tugas kosa kata dengan kedisiplinan belajar bahasa Arab Peserta didik pada kelas VIII MTsN Parepare? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pemberian tugas kosa kata dengan kedisiplinan belajar bahasa Arab pesrrta didik MTsN Parepare keaktifan. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 107 peserta didik dari 159 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data yaitu observasi, angket atau kuesioner, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode pemberian tugas kosa kata MTsN Parepare, termasuk kategori tinggi yaitu 0.858 atau 85,8% dengan nilai sig = 0.000 < 0.05, maka H0 Ditolak. (2) kedisiplinan belajar Bahasa Arab MTsN Parepare, termasuk kategori tinggi yaitu 0.804 atau 80,4% dengan nilai sig = 0.000 < 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan antara metode pemberian tugas kosa kata dengan kedisiplinan belajar Bahasa Arab peserta didik MTsN Parepare. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar rhitung = 0.313 > 0.291 pada taraf signifikan 5% dan berada di koefisien interval dari 0,20 – 0,399 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang rendah. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel metode pemberian tugas kosa kata dengan kedisiplinan belajar bahasa arab peserta didik sebesar 9,8%, sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pemberian tugas kosa kata, kedisiplinan belajar bahasa arab peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 May 2025 03:03
Last Modified: 09 May 2025 03:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item