Bando, Seqip Fitriani (2025) Analisis Kompetensi Pedagogis Guru IPS pada Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) di SMP NEGERI 12 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text
SEQIP FITRIANI BANDO_2020203887220030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dalam pendidikan Indonesia, pendidikan IPS memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran dinamika sosial, pemikiran kritis, dan pemahaman nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi kemahiran pedagogi guru IPS dalam menerapkan pendekatan student centered learning di SMP Negeri 12 Parepare dan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru IPS dalam melaksanakan pendekatan student centered learning SMP Negeri 12 Parepare. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data meliputi angket, wawancara, dan observasi. Statistik deskriptif, uji validitas, dan reliabilitas merupakan metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik yang paling berkontribusi terhadap penerapan pendekatan student centered learning ialah kompetensi penyelenggaraan penilaian evaluasi hasil belajar sebanyak 76,9% dengan kategori sangat baik, penguasaan prinsip-prinsip pembelajaran edukatif sebesar 75,3%, dengan kategori sangat baik, dan pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran sebanyak 75,3% dengan kategori sangat baik. (2) Karena pedagogik guru IPS SMP Negeri 12 Parepare telah melakukan pendekatan Student centered learning dalam kategori baik karena guru IPS di SMP Negeri 12 Parepare sudah menyelenggarakan evaluasi yang berkelanjutan, memberikan ruang bagi siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya, dan guru IPS sudah menerapkan pengembangan dan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dari pemerintah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi Pedagogik, Student centered learning, |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |