Raynaldi, Ryan (2025) Penerapan Pembelajaran Model Quantum Teaching ;Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP ;Negeri 2 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text
2020203887220031 RYAN RAYNALDI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Quantum Teaching bertujuan melibatkan siswa secara aktif dengan menghubungkan materi pada pengalaman pribadi, menggunakan metode menarik, dan memperkuat hubungan emosional antara guru dan siswa. Pendekatan ini efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran IPS, meningkatkan minat baca, dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Mattiro Sompe, dan 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIII melalui model tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi untuk mengamati dan mencatat perilaku objek sasaran, dokumentasi yang berfokus pada surat dan laporan, serta tes untuk mengukur pemahaman belajar peserta didik. Hasil dari penerapan model pembelajaran Quantum Teaching di SMP Negeri 2 Mattiro Sompe menunjukkan bahwa (1)Penerapan model Quantum Teaching dilakukan melalui tahapan yang jelas: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Langkah-langkah yang diterapkan antara lain apersepsi dan penjelasan tujuan pembelajaran, kegiatan berkelompok, mengamati gambar dan video, presentasi kelompok, evaluasi dan kesimpulan, serta tindakan perayaan. (2)Penerapan model ini menunjukkan hasil yang mengalami peningkatan signifikan mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II. Siswa yang mencapai KKM pada pra-siklus, hanya 32,25%. Setelah penerapan model Quantum Teaching, di Siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 80,64%. Pada Siklus I, terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, perbaikan dilakukan pada Siklus II dengan menyesuaikan strategi dan memastikan kelancaran penggunaan media pembelajaran. Hasilnya, pada Siklus II, semua siswa berhasil mencapai KKM dengan persentase 100% dan nilai rata-rata kelas mencapai 84,97. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching tidak hanya berhasil meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Quantum Teaching |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:33 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |