Mayasari, Salwa (2025) Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Menurunkan Learning Plateau Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 12 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203887220024 SALWA.pdf] Text
2020203887220024 SALWA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Learning plateau merupakan kondisi kejenuhan belajar yang menyebabkan penurunan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap pembelajaran model project-based learning pada mata pelajaran IPS, tingkat learning plateau siswa sebelum dan sesudah penerapan model project-based learning pada mata pelajaran IPS, dan efektivitas model project-based learning dalam menurunkan learning plateau siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 12 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan quasy experiment design dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Parepare. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dari teknik tersebut didapat kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model project-based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan model project-based learning pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan lima tahapan yaitu, pertanyaan esensial, perencanaan proyek, mengatur waktu, pemonitoran kemajuan proyek, penilaian hasil proyek. 2) Terdapat perbedaan learning plateau siswa sebelum dan setelah dilakukannya perlakuan menunjukkan peningkatan dimana 2 siswa berkategori sangat tinggi (8,7%), 6 siswa berkategori tinggi (34,8%), 13 siswa berkategori sedang (56,6%), tidak ada siswa berkategori rendah dan sangat rendah. Sedangkan sesudah perlakuan menunjukkan penurunan yaitu, tidak ada siswa berkategori sangat tinggi dan tinggi, 5 siswa berkategori sedang (21,7%), 15 siswa berkategori rendah (66,2%), dan 3 siswa berkategori sangat rendah (13,0%). 3) Model project-based learning efektif menurunkan learning plateau siswa kelas VIII pada mata pembelajaran IPS di SMP Negeri 12 Parepare. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai uji pared samples test terlihat bahwa nilai korelasi antara hasil pre-test dan post-test siswa menunjukkan angka signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak. Sedangkan hasil perhitungan nilai analisi skor N-Gain siswa, teridentifikasi adanya penurunan learning plateau siswa. Secara keseluruhan N-Gain skor rata-rata sebesar 0.29 termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Project-Based Learning, Learning Plateau, pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:28
Last Modified: 16 Apr 2025 07:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item