Darma, Darma (2024) Eksplorasi Nilai-Nilai Tradisi Maddonggo salu Sebagai Sumber Belajar IPS Di SMPN 3 Lembang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text
2020203887220005 darma.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada eksplorasi nilai-nilai tradisi Maddonggo salu sebagai sumber pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di masyarakat Desa Rajang, Kabupaten Pinrang. Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan pemahaman generasi muda terhadap kearifan lokal dan budaya Indonesia, yang semakin tergeser oleh pengaruh globalisasi dan perubahan metode pembelajaran dari tradisional ke modern. Di tengah perkembangan modernisasi, penting untuk menjaga kelestarian nilai-nilai kearifan lokal, seperti yang terkandung dalam tradisi Maddonggo salu, agar dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai yang dapat dieksplorasi dalam tradisi maddonggo salu sebagai sumber belajar IPS dan untuk mengetahui bentuk penerapan nilai-nilai dalam tradisi maddonggo salu sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tokoh adat dan guru IPS di SMPN 3 Lembang serta dokumentasi, yang diperoleh dari berbagai referensi terkait. Teknik analisis data mencakup reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai tradisi maddonggo salu adalah: Nilai Gotong Royong, Nilai religi, Nilai seni, Nilai Sejarah. 2) Penerapan hasil dari eksplorasi nilai-nilai tradisi maddonggo salu sebagai sumber belajar IPS di SMPN 3 Lembang, diulai dari nilai religi dalam penerapannya dalam sumber belajar IPS dapat mengangkat aspek ini untuk membantu siswa memahami pentingnya toleransi dan persatuan dalam keberagaman. Nilai gotong royong, nilai ini sangat relevan dalam pembentukan karakter siswa, mengingatkan mereka pentingnya interaksi sosial yang sehat, solidaritas, dan kebersamaan. Nilai seni, melalui nilai ini siswa dapat memahami bahwa seni bukan hanya tentang keindahan tetapi cara untuk memperkuat nilai-nilai sosial seperti kolaborasi, saling menghargai, dan Kerjasama. Dan nilai sejarah, nilai ini membantu siswa memahami hubungan antar masa lalu dan masa kini, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksplorasi, nilai-nilai, tradisi maddonggo salu, sumber belajar IPS |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220299 History and Philosophy of Specific Fields not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:22 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:22 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |