Kadir, M. Syahrul Munir (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Keragaman Floran dan Fauna di Indonesia Berbasis Android untuk Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insan Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203887220013 Muhammad syahrul.pdf] Text
2020203887220013 Muhammad syahrul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran augmented reality materi keragaman flora dan fauna di Indonesia berbasis android, dan juga untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran augmented reality berbasis android materi keragaman flora dan fauna di Indonesia, serta untuk mengetahui hasil uji coba pengalaman pengguna (UEQ) siswa setelah menggunakan media augmented reality berbasis android materi keragaman flora dan fauna di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) mengadopsi metode Luther yaitu metode MDLC (Multimedia Develoment Life Cycle), Penelitian pengembangan ini diujicobakan terbatas pada kelompok kecil siswa kelas VII. Ar Razzaaq SMP IT Insan Bina Kota Parepare sebanyak 27 siswa tahun ajaran 2023/2024 untuk melihat pengalaman pengguna menggunakan Media ARFNF. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji testing, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket pengalaman pengguna (User Experience Quettionare). Analisis data menggunakan analisis statistik deskrptif dan analisis UEQ tools version 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).Media pembelajaran augmented reality (AR terdiri atas 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Sehingga dihasilkan spesifikasi produk yang dikembangkan yaitu. Aplikasi yang bernama ARFNF adalah aplikasi android dengan besar sizenya 100 mb; Aplikasi ARFNF dapat dijalankan pada android minimal OS 8.0; Aplikasi ARFNF terdapat 3 menu yaitu menu utama, menu pengembang, dan menu play; Buku Marker di dalamnya terdapat 14 marker serta penjelasannya yaitu 8 fauna dan 6 flora yang ada di Indonesia. Aplikasi ARFNF telah melalui uji validitas ahli materi sebesar 76 kategori valid dan ahli media sebesar 92 Kategori sangat valid. (2). Penggunaan media pembelajaran ARFNF yaitu pertama mengunduh terlebih dahulu aplikasi melalui link https://bit.ly/ARFNF. Setelah aplikasi terpasang maka di dalam aplikasi terdapat 3 menu yaitu menu petunjuk penggunaan, menu pengembang, dan menu play. Untuk menjalankan AR user mengklik menu play, maka akan tampil kamera, kemudian arahkan kamera ke marker yang ada pada buku marker. (3) Secara keseluruhan respon pengguna > 0,8 berarti media ARFNF positif disukai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai, wisata syariah, budaya, mappadendang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 03:25
Last Modified: 16 Apr 2025 03:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item