Sari, : Patma (2024) Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI SMKN 8 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of PATMA SARI_2020203886208060.pdf] Text
PATMA SARI_2020203886208060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Project Based Learning adalah pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang mendalam melalui proyek nyata. Dengan pembelajaran proyek ini, peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga keterampilan praktis seperti kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini terdiri dari 328 peserta didik dengan sampel 109 peserta didik dari kelas XI. Teknik pengumpulan data meliputi angket atau kusioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan Program IBM Statistik SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji one sampel t test Project Based Learning (X) tingkat penerapan Project Based Learning SMKN 8 Pinrang diperoleh nilai sebesar 84,92% yang berarti masuk pada kategori tinggi. (2) berdasarkan hasil uji one sampel t test Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik (Y) diperoleh nilai sebesar 83,99% yang berarti berada pada kategori tinggi sehingga di nyatakan peserta didik SMKN 8 Pinrang tingkat Kemampuan Berpikir Kritis tinggi (3) Berdasarkan hasil nilai t hitung > dari t tabel (8,884 > 1,984) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang bermakna bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Penerapan Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 03:08
Last Modified: 16 Apr 2025 03:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item