Afizah, Nurul (2025) Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Kecerdasan Sosial Peserta Didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of NURUL AFIZAH_2020203886208027.pdf] Text
NURUL AFIZAH_2020203886208027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan kecerdasan sosial peserta didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan 1)Bentuk-bentuk kecerdasan sosial peserta didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang, 2)Faktor yang menghambat kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang, 3)Faktor yang mendukung kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang, dan 4)Kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan sosial peserta didik di UPT SD Negeri 66 Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk kecerdasan sosial peserta didik yaitu kesadaran situasi (situational awareness), kehadiran (presence), keaslian (authenticity), kejelasan (clarity), dan rasa empati (emphaty). 2) Faktor penghambat kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan sosial peserta didik yaitu adanya pengaruh di luar lingkungan sekolah, dan pengaruh gadget. 3) Faktor pendukung kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan sosial peserta didik yaitu adanya peran orang tua, program/kegiatan sekolah, dan lingkungan sekolah yang kondusif. 4) Kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan kecerdasan sosial peserta didik dengan cara memberikan aspek pembiasaan, keteladanan, dan anjuran positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Sosial Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:59
Last Modified: 16 Apr 2025 02:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item