Haryanto, Haryanto (2025) Problematika Implementasi kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Haryanto 19.1100.089.pdf] Text
Haryanto 19.1100.089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan penerapan kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. (2) Untuk menjelaskan problematika implementasi kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi parsitipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru yang mengajar di kelas yang menerapkan kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang telah diperoleh: (1) Dalam pengimplementasian kurikulum merdeka terdapat 4 faktor yang menjadi indikator dalam pelaksanaannya yaitu: a. Kebijakan b. Perencanaan c. Pelaksanaan d. Evaluasi. (2) Problematika kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango terdapat banyak masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya yaitu: a. Kesiapan guru, karena waktu dalam pembekalan dan pelatihan tergolong singkat dan diadakan cuma sekali sehingga tidak maksimal. b. Ketersediaan media dimadrasah belum memadai dan belum optimal. c. Kompetensi guru. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka banyak menggunakan media dalam pembelajaran sedangakan, masih ada guru yang belum mahir dalam menggunakan media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Impelementasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:49
Last Modified: 16 Apr 2025 02:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item