Agatha, Andhini (2024) Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 21 Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886208084 ANDHINI AGATHA.pdf] Text
2020203886208084 ANDHINI AGATHA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh hal-hal negatif. Peserta didik yang memiliki akhlakul karimah selalu menunjukkan perilaku yang baik dalam hubungan pada Allah, hubungan kepada sesama, hubungan kepada lingkungan dan hubungan dengan diri sendiri. Terjadinya degradasi akhlak dan banyaknya penyimpangan yang dilakukan peserta didik dibutuhkan kreativitas,spiritualitas, dalam melakukan pembinaan akhlak peserta didik. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di Sekolah Dasar Negeri 21 Kota Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Pembinaan akhlakul kharimah yang dilakukan SD Negeri 21 Parepare yaitu proses pembinaan berupa sopan santun, adab belajar dikelas, perilaku hidup bersih, Tujuan Pembinaan akhlak agar peserta terbiasa berakhlakul kharimah dalam kehidupan sehari hari, Dasar Pembinaan akhlak sesuai dengan Alquran dan rasulnya, Materi Pembinaan akhlak sesuai dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Metode Pembinaan akhlak, meliputi metode ceramah, pembiasaan diri, metode kisah atau cerita, metode keteladanan. Media Pembinaan Akhlak, melalui media bacaan, media gambar ,dan tulisan melalui contoh-contoh kelakuan. Hasil pembinaan akhlakul kharimah berubah keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukung dan penghambat akhlakul kharimah faktor pendukung yaitu: adanya kesadaran diri dalam siswa, teladan dalam diri guru, metode pembelajaran, kerjasama dan dukungan dari orang tua, sarana dan prasarana. Sedangkan faktorpenghambatnya adalah: kurangnya jam mata pelajaran agama, penyalahgunaan handphone, lingkungan siswa, latar belakang studi yang kurang mendukung, terbatasnya pengawasan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlakul Karimah, Peserta didik SDN 21 Parepare.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:33
Last Modified: 16 Apr 2025 02:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item