Azisah, Nur (2025) Peran Pendidik Nonformal dalam Menjaga Nilai-nilai Toleransi Beragama Perspektif PAI pada Masyarakat di dusun Batu Sura Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886208076 Nur Azisah.pdf] Text
2020203886208076 Nur Azisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas peran pendidik nonformal dalam menjaga nilai-nilai toleransi beragama dan sosial di masyarakat dusun Batu Sura, Kabupaten Pinrang. Pendidik nonformal berperan penting tidak hanya dalam memberikan pendidikan, tetapi juga sebagai penggerak sosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pendidik nonformal dalam memfasilitasi hubungan harmonis antarumat beragama di dusun Batu Sura, terutama dalam menciptakan rasa saling menghargai dan menghormati di tengah keberagaman budaya dan agama. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus dan lapangan (field research). Data diperoleh melalui observasi, dokumen dan wawancara. Observasi sendiri yakni data yang diperoleh melalui pengamatan langsung, dokumen yaitu data dari catatan atau arsip tertulis, sedangkan wawancara yakni tanya jawab langsung yang dilakukan dengan pendidik nonformal dalam hal ini tokoh agama, tetua adat dan anggota masyarakat lainnya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara mendalam, dengan menggunakan teknik analisis versi Miles and Huberman, yang kemudian dianalisis untuk memahami fenomena toleransi serta peran pendidik nonformal dalam menjaga toleransi yang berlangsung dalam masyarakat. Pendekatan ini membantu dalam menggali peran pendidik sebagai pereda konflik dan perekat sosial di masyarakat multikultural. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik nonformal di dusun Batu Sura berkontribusi besar dalam menjaga keharmonisan masyarakat melalui kegiatan keagamaan dan sosial, seperti pendidikan Al-Quran, pelatihan keterampilan dalam program PKK, dan partisipasi dalam acara lintas agama. Kegiatan ini memperkuat toleransi dengan menjunjung nilai-nilai saling membantu dan menghargai tanpa mencampuradukkan keyakinan. Dengan demikian, peran pendidik nonformal sangat vital dalam menciptakan masyarakat yang damai dan harmonis di tengah keberagaman. Pendidikan nonformal ini berperan sebagai agen sosial, yang tidak hanya mengajarkan ilmu, akan tetapi juga membina hubungan sosial dimasyarakat. Nilai gotong royong dan persaudaraan menjadi ciri khas masyarakat, hal ini ditandai dengan partisispasi dari masyarakat tanpa memandang agama dalam acara sosial, seperti hajatan, kerja bakti dan perayaan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidik Nonformal, Toleransi Beragama, Masyarakat, Perspektif PAI.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:28
Last Modified: 16 Apr 2025 02:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item