Isnaeni, Isnaeni (2025) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Peserta Didik di SDN 8 Tampaan Kab. Enrekang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886208002 ISNAENI.pdf] Text
2020203886208002 ISNAENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kesulitan belajar pada dasarnya merupakan gejala yang nampak dalam berbagai manifestasi tingkah lakunya. Mengidentifikasi kesulitan belajar menjadi langkah awal dalam proses pembelajaran. Guru perlu memahami alasan dibalik kesulitan belajar peserta didik dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman mereka terhadap materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar PAI peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik, serta tantangan dan hambatan guru dalam upayanya mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik di SDN 8 Tampaan Kab. Enrekang. Metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan belajar PAI peserta didik, yakni kesulitan dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an dan kurang fokus ketika proses belajar berlangsung. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar PAI tersebut yaitu: Mengadakan bimbingan belajar tambahan dalam program ekstrakulikuler BTQ, dan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Tantangan guru dalam upayanya mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik yaitu motivasi dan minat peserta didik dan peserta didik yang aktif dan nakal. Adapun hambatan guru dalam upayanya mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik yaitu teknologi dan fasilitas sekolah serta kurangnya dukungan sosial dari keluarga dan teman peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Peserta Didik, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:31
Last Modified: 16 Apr 2025 01:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item