Fadillah, Nurul (2023) Pengaruh Media Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMPN 5 Marioriawa Kab. Soppeng. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text
16.1100.120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Whatsapp absensi sekolah. Jika setiap kegiatan belajar dilakukan dengan menggunakan media whatsapp maka hasil belajar siswa akan beberapa factor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu factor dari diri peserta didik yang meliputi fisiologis dan psikologis peserta didik kemudian factor dari luar diri peserta didik yang meliputi lingkungan dan instrumental. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan ex post facto. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 59 peserta didik dari 146 peserta didik yang menjadi populasi dam mengambil sampel peneliti dengan mengunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media whatsapp di SMP Negeri 5 Marioriawa termasuk kategori sedang yaitu 0,7807 atau 78,07% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H_0 Ditolak. 2) Hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMP Negeri 5 Marioriawa termasuk kategori tinggi yaitu 0,8988 atau 89,88% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H_0 Ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMP Negeri 5 Marioriawa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Y= 64,323 + 0,265 X., koefisien korelasi rxy sebesar 0,380dan diketahui nilai R Square sebesar 0,145. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh Media Whatsap (X) terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik (Y) sebesar 14,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Whatsapp, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 01:22 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:22 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |