Nirwana, Fadila (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Fasilitas Belajar Pada Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1100.001.pdf] Text
17.1100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Strategi merupakan cara atau metode yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di dalam proses pembelajaran serta pendidik juga sangat berperan penting dalam keberhasilan suatau pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pemanfaatan fasilitas belajar pada Madrasah Aliyah Uhaidao. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data primer yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan oleh peneliti. Data primer juga disebut data asli atau data baru. Data sekunder adalah data yang diperoleh penelitih dari sumber-sumber yang telah ada. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tehnik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Yang kemudian dilengkapi dengan teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Dampak dari ketersedian fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik yang ada di sekolah MA Uhaidao yaitu sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan adanya fasilitas yang tersedia maka akan membuat peserta didik lebih bersungguh-sungguh dan lebih semangat dalam proses pembelajaran. 2). Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan metode diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, melakukan praktek-praktek pembelajaran di luar kelas, metode demontasi, ice breaking, mengadakan kompetensi antara kelas, mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler serta memberikan pemahaman tentang hukum-hukum menuntut ilmu adalah kewajiban dalam Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:18
Last Modified: 15 Apr 2025 01:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item