S, Nurfadillah (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII 1 MTs DDI Bilajeng Kab. Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.011.pdf] Text
18.1100.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran cooperative script dan hasil belajar sejarah Kebudaaan Islam siswa kelas VIII 1 MTs DDI Bilajeng. Penelitian ini membahas dua rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII 1 MTs DDI Bilajeng ? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 MTs DDI Bilajeng ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain quasi eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest Posttest Design. Adapun sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, test (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Pengolahan data ang digunakan aitu SPSS dan Microsoft word. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative script menggunakan one group test yaitu pre-test dan post test yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kebudayaan Islam. Adapun pada pre-test siswa yang berada pada kategori sangat rendah sebanyak 14 orang siswa, sedangkan dan pada kategori sangat tinggi tidak satupun siswa yang mencapainya dan ranks deskriptif mann whitney test pada mean rank sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script sebesar 34,10. Pada post-test siswa yang berada pada kategori sangat rendah hanya 1 orang, sedangkan siswa yang berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 11 siswa dan ranks deskriptif maan whitney test pada mean rank setelah menggunakan model pembelajaran cooperative script sebesar 70, 35.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran cooperative script, hasil belajar sejarah Kebudaaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:13
Last Modified: 15 Apr 2025 01:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item