Rikasari, Rikasari (2025) Peranan Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Di SMAN 8 Sidrap. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1100.024.pdf] Text
19.1100.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kesulitan belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi PAI, terutama ayat-ayat Al-Qur'an, minimnya kemampuan membaca Al-Qur'an, kesulitan menghafal surat yang diajarkan, masalah konsentrasi, serta kurangnya minat dan motivasi untuk belajar. Hal ini berdampak pada kesulitan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentai. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran, termasuk sebagai pembimbing, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator. Guru membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar, menciptakan lingkungan yang kondusif, menghubungkan materi dengan kehidupan peserta didik, serta memberikan umpan balik untuk perbaikan. 2) Masalah belajar yang sering ditemukan antara lain gangguan belajar, ketidakfungsian, pencapaian rendah, lambat belajar, dan ketidakmampuan belajar. 3) Guru diharapkan dapat membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar dan mencapai hasil memuaskan. Guru perlu memberikan pengajaran, pendampingan, motivasi, dan pengelolaan kelas yang baik untuk menciptakan lingkungan belajar positif, memberikan dukungan, serta melakukan evaluasi untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kesulitan Belajar, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 15 Apr 2025 00:54
Last Modified: 15 Apr 2025 00:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item