Kaltsum, Annisa (2025) Optimalisasi Penggunaan Metode Sima’an dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik MAN 2 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2020203886208010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Menghafal al-Qur’an bagi sebagian orang menjadi kebutuhan dan motivasi tersendiri dalam kehidupannya, Para penghafal tentunya tidak menginginkan hafalannya cepat memudar. Menjaga menghafal al-Qur’an, memerlukan suatu metode yang dapat memudahkan usaha sehingga dapat berhasil dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan optimalisasi penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an peserta didik, mengetahui kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an, mendeskripsikan cara mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan di MAN 2 Parepare. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yakni peserta didik yang mengikuti program tahfidz dan guru tahfidz MAN 2 Parepare. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwah 1) Optimalisasi penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an peserta didik MAN 2 Parepare dilakukan dengan memadukan metode sima’an dan metode murajaah, serta pembuatan jadwal sima’an. 2) Kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an adalah pembagian waktu antara pembelajaran umum dengan kegiatan menghafal, gangguan emosional dan perasaan cemas. 3) Cara mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkam metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an yaitu: membagi waktu antara kegiatan sehari-hari dengan waktu menghafal dan konsisten dalam melakukan murajaah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Metode Sima’an, Optimalisasi, Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 06:33 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |