Kaltsum, Annisa (2025) Optimalisasi Penggunaan Metode Sima’an dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik MAN 2 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Menghafal al-Qur’an bagi sebagian orang menjadi kebutuhan dan motivasi tersendiri dalam kehidupannya, Para penghafal tentunya tidak menginginkan hafalannya cepat memudar. Menjaga menghafal al-Qur’an, memerlukan suatu metode yang dapat memudahkan usaha sehingga dapat berhasil dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan optimalisasi penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an peserta didik, mengetahui kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an, mendeskripsikan cara mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan di MAN 2 Parepare. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yakni peserta didik yang mengikuti program tahfidz dan guru tahfidz MAN 2 Parepare. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwah 1) Optimalisasi penggunaan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an peserta didik MAN 2 Parepare dilakukan dengan memadukan metode sima’an dan metode murajaah, serta pembuatan jadwal sima’an. 2) Kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkan metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an adalah pembagian waktu antara pembelajaran umum dengan kegiatan menghafal, gangguan emosional dan perasaan cemas. 3) Cara mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengoptimalkam metode sima’an dalam menjaga hafalan al-Qur’an yaitu: membagi waktu antara kegiatan sehari-hari dengan waktu menghafal dan konsisten dalam melakukan murajaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Metode Sima’an, Optimalisasi, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:33
Last Modified: 10 Apr 2025 06:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item