Faesal, Faesal (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 4 Mattirosompe Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full text)
2020203886208023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji terkait implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 4 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. maksud kajian ini untuk menggambarkan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 4 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sementara uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 4 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian telah sesuai standar yang berlaku, hal ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran yang dikutip, dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik seperti Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar. Pelaksanaan pembelajarannya meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang menggunakan model, metode, dan media yang beragam. Terdapat tiga asesmen yang digunakan dalam penilaian pembelajaran masing-masing memiliki tujuan tertentu yaitu asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. (2) Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 4 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang adalah kurikulum itu sendiri, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan dari seluruh tenaga pengajar dan dukungan dari orang tua peserta didik. (3) Faktor penghambat implementasi kurilulum merdeka belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 4 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang adalah kesiapan guru menyesuaikan kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya, kurangnya pengalaman guru terkait kurikulum merdeka belajar, dan kesulitan guru mengontrol peserta didik pada saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 06:10 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |