Hamsia, Hamsia (2025) Kreativitas Guru PAI dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di UPT SD Negeri 228. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Text Full)
2020203886208026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah masalah pokok dalam agama Islam. Realita sekarang khususnya peserta didik di UPT SD Negeri 228 Pinrang hanya sekadar membaca Al-Qur’an tidak memperhatikan makhrajul huruf. Keterampilan membaca Al-Qur’an perlu diajarkan kepada anak sejak dini, sehingga diharapkan ketika dewasa dapat membaca, memahami, menulis dan mengamalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, seorang guru PAI dituntut untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan teknik pengolahan data yaitu transkripsi, pengorganisasian data, pengenalan dan koding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran kesulitan membaca Al-Qur’an di UPT SD Negeri 228 Pinrang dibagi menjadi dua tingkat yaitu; a) Belum mengenal huruf hijaiyah dan b) Sudah mengenal huruf hijaiyah tetapi dalam penyebutan huruf hijaiyah belum sesuai dengan tajwidnya. Faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah pendekatan perlahan-lahan. Sedangkan Faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah perbedaan latar belakang keluarga. Dengan adanya kreativitas guru dalam mengembangkan pembelajaran lebih memudahkan seorang guru untuk memberikan pelajaran sesuai kebutuhan peserta didik juga dapat memvariasikan bentuk pengulangan membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas guru PAI, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 05:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |