GUNAWAN, M. (2025) Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas X 1 Di MAN 2 Barru. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
2020203886208034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Hasil belajar SKI peserta didik kelas X di MAN 2 Barru masih tergolong rendah dikarenakan metode yang diajarkan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran kurang menarik serta peserta didik cepat merasa bosan dan kurang bersemangat di dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran SKI, mengevaluasi hasil belajar peserta didik, dan mengidentifikasi sejauh mana aplikasi ini dapat meningkatkan hasil belajar SKI peserta didik kelas X 1 di MAN 2 Barru Penelitian ini berfokus pada Penggunaan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada peserta didik kelas X1 di MAN 2 Barru. Berdasarkan observasi awal, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI masih rendah, dengan faktor utama berupa monotoninya strategi pembelajaran yang diterapkan. Aplikasi Wordwall, yang merupakan platform edukatif berbasis kuis interaktif, menawarkan solusi untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengunaan aplikasi Wordwall secara signifikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Khulafaur Rasyidin." dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. 2) Analisis hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan aplikasi Wordwall pada materi Khulafaur Rasyidin di kelas X MAN 2 Barru dengan 21 peserta didik yang aktif dalam pembelajaran, menunjukkan nilai rata-rata 81,42. Adapun hasil uji hipotesis yang telah diperoleh t Hitung = 6,48 dan t Tabel = 1,724 maka (6,48 > 1,724 ). Dengan demikian hipotesis (H1) pada penelitian dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ditolak artinya Penggunaan media pembelajaran Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SKI kelas X 1 MAN 2 Barru pada materi Khulafaur Rasyidin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Cybergogy, Pendidikan, di MAN 2 Barru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:41
Last Modified: 27 Mar 2025 01:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item View Item