Halik, Abdul and Usri, Usri and Salam, Muhammad Ikbal (2018) Pengaruh Manajemen Bimbingan Peserta Didik terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap. In: Konferensi Nasional Ke 7 KNAPPPTMA, 23-25 Maret 2018, Jakarta.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
5._Pengaruh_Manajemen_Bimbingan_Peserta_Didik_terhadap_Pembentukan_Karakter_Peserta_Didik_SMA_Negeri_1_Pangkajene_Sidrap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh manajemen bimbingan peserta didik terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMAN 1 Pangkajene Sidrap. Metode yang digunakan dalam penelitian apabila dilihat dari aspek metode yang digunakan maka penelitian ini termasuk jenis penelitian survei, sedangkan apabila dilihat berdasarkan jenis datanya penelitian ini dikategirikan sebagai penelitian kuantitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan pedagogis dan Pendekatan Teologis-Normatifyang memandang bahwa ajaran Islam yang bersumber dari kitab suci al-Qur’an dan sunah Nabi saw., menjadi sumber inspirasi dan motivasi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel manejemen bimbingan peserta didik SMA Negeri 1 Pangsid memiliki pengaruh sebesar 14,1% terhadap variabel karakter peserta didik SMA Negeri 1 Pangsid, dan 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Adapun hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa karena Nilai T hitung (-2,654) < T tabel (2,02) maka H0 diterima dan H1 ditolak, artinya Manajemen bimbingan peserta didik tidak berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMAN 1 Pangkajene Sidrap. Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) Pemerintah dan pihak sekolah diharapkan mampu membuat kebijakan yang lebih inovatif dalam hal manajemen bimbingan peserta didik agar dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik. 2) Upaya yang telah dilakukan pihak sekolah perlu inovasi dengan menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia untuk pembinaan yang berkelanjutan. Pihak sekolah harus lebih berperan aktif bahu membahu guna meningkatkan kualitas manajemen bimbingan peserta didik yang bisa berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Conference (Paper)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bimbingan, Peserta Didik, Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:06
Last Modified: 06 Feb 2020 03:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item