Melianah, Melianah (2024) Strategi Peningkatan Kedisiplinan Pengamalan Shalat Berjamaah Melalui Pembelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 34 Barru Kab. Barru. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (full text)
2020203886208059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Kedisiplinan dalam melaksanakan salat berjamaah menjadi perhatian penting karena membiasakan peserta didik agar lebih taat dan konsisten dalam melaksanakan salat berjamaah, dengan memanfaatkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai media pembelajaran dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan salat berjamaah melalui pembelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 34 Barru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen penelitiannya. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil bahwa (1) Kaidah kedisiplinan salat berjamaah di kalangan peserta didik di UPTD SMP Negeri 34 Barru yang diterapkan yaitu guru mengawasi pelaksanaan salat berjamaah dan memasukkan salat berjamaah dalam setiap kelas/tingkatan. Sehingga salat berjamaah telah menjadi bagian dari rutinitas sekolah yang berjalan dengan lancar dan efektif. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang kurang disiplin tetapi masih bisa diatasi oleh para pembimbing atau guru yang bertugas dalam mengawasi. (2) Strategi yang diterapkan dapat meningkatkan kedisiplinan salat berjamaah melalui pembelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 34 Barru pertama dengan menghadirkan kehadiran peserta didik dalam salat berjamaah, memberikan peringatan sanksi bagi yang melanggar, mengefektifkan sarana dan prasarana, memberikan motivasi serta memberikan nasehat kepada peserta didik. Melalui pembelajaran PAI, peserta didik tidak hanya diajarkan tentang teori salat berjamaah tetapi juga dibimbing untuk merasakan, mengamalkan dan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Salat Berjamaah, Pembelajaran PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 05:14 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 05:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |