Tahang, St. Fadhilah (2022) Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Peserta Didik Dengan Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (full text)
16.1100.115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosi dengan mengenali, memahami, mengendalikan dan mampu merasakan emosi pada diri sendiri maupun orang lain, sehingga dapat merespon emosi positif dalam berbagai situasi yang dapat memicu munculnya emosi-emosi. Ketekuanan Belajar adalahmengarahkan pemikiran dan perasaan pada kegiatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tekun sebagai aspek atau rasa ingin bersungguh-sungguh untuk menggapai sesuatu dalam hal ini, tekun juga bisa dikatakan sebagai rajin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara Kecerdasan Emosional Peserta Didik dengan Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitaif asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu 91 responden yang sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini. Dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMP Negeri 2 Lanrisang, berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian0,771 atau 77,10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Lanrisang tergolong kategori baik karena berada pada tingkat persentase sebesar 77,10%. Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lanrisang, berdasarkan data yang telah diperoleh dari penelitian ini 0,821 atau 82,10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lanrisang tergolong kategori baik karena berada pada tingkat persentase sebesar 82,10%. Terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional Peserta Didik terhadap Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lanrisang. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini hasil uji t pada yaitu thitung = 4.879 ≥ ttabel = 1,661 pada tingkat signifikansi 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecderdasan Emosional Peserta Didik, Ketekunan Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |