Hasbua, Khaerunisyah (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 7 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (full text)
2020203886208078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui mengeksplorasi perencanaan peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Pinrang, (2) Untuk mengeksplorasi pelaksanaan peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Pinrang, (3) Untuk mengeksplorasi hasil peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Pinrang. Dalam penyusunan skripsi ini, pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menguji keabsahan data melalui trianguasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mencakup reduksi data, display data (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan hal-hal berikut (1) Perencanaan peran guru PAI di SMA Negeri 7 Pinrang untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa dilakukan dengan pendekatan sistematis dan terencana. Guru PAI tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama, tetapi juga membantu siswa memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi sesuai ajaran Islam, seperti sabar dan ikhlas, melalui contoh nyata dari Al-Qur'an dan Hadist.(2) Pelaksanaan peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Pinrang dilakukan melalui pendekatan holistik yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan teori kecerdasan emosional. Guru PAI menerapkan metode keteladanan, motivasi internal, diskusi kelompok, dan refleksi pribadi untuk membantu siswa mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi mereka secara positif. (3) Hasil peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 7 Pinrang sangat berpengaruh dalam membantu siswa mengembangkan kecerdasan emosional mereka. Melalui kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah dan pembelajaran nilai-nilai Islami seperti sabar dan empati, guru PAI mengajarkan siswa untuk mengelola emosi dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional. |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:19 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |