Arjuna, Achmad (2025) Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Belajara Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
2020203886208086.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan Dari Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa baik pendidikan karakter terhadap perilaku belajar peserta didik dalama pembelajaran PAI, (2) untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar peserta didik saat pembelajaran PAI, (3) untuk mengetahui apakah pendidikan karakter memeiliki kontribusi yang signifikan terhadap perilakau belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI, (4) untuk mengetahui bagaimana dampak dari pendidikan karakter terhadap perilaku belajara peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 4 Pinrang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan desain penelitian korelasional. Dengan jumlah populasi 154 peserta didik, 118 laki-laki dan 36 perempuan. Sampel penilitian dari 60 peseerta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui teknikn deskriptif dan analisis interferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang berhasil mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi, yaitu 83,1% dari standar yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki peran integral dalam pembentukan perilaku positif peserta didik. (2) Perilaku belajar peserta didik di kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan pencapaian 84,5% dari target yang ditetapkan. (3) Pendidikan karakter memiliki kontribusi yang sangat kuat terhadap perilaku belajar peserta didik, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,908. (4) Uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan pendidikan karakter terhadap perilaku belajar, dengan persamaan regresi linear sederhana Y=10,627+0,907XY = 10,627 + 0,907XY=10,627+0,907X. Artinya, setiap peningkatan 1% dalam pendidikan karakter dapat meningkatkan perilaku belajar hingga 90,7%. Hasil ini memperkuat pentingnya pendidikan karakter sebagai faktor utama dalam pembentukan perilaku belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, karakter, perilaku belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:33
Last Modified: 20 Mar 2025 06:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item