Nurbina, Nurbina (2024) Penggunaan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengetahui Makharij al Huruf Pada Pembelajaran PAI Di Kelas IV UPT SDN 1 Lawawoi Kabupaten Sidrap. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
NURBINA 2020203886208013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kemampuan peserta didik mengetahui makharij al-huruf yaitu metode pengajaran yang kurang efektif. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh metode card sort dalam meningkatkan kemampuan mengetahui makharij al-huruf pembelajaran PAI peserta didik kelas IV di UPT SDN 1 Lawawoi Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif model eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Eksperimental Design bentuk One Group Pre-test dan Post-test Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SDN 1 Lawawoi Kabupaten Sidrap yang berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan uji t dan uji normalitas Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan mengetahui makharij al-huruf pembelajaran PAI peserta didik di kelas IV. Kemudian setelah penggunaan metode card sort, terdapat pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengetahui makharij al-huruf dengan hasil rata-rata pre-test yang diperoleh yaitu 59,33 dan diperoleh rata-rata nilai post-test yaitu 71,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Makharij Al-Huruf
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:00
Last Modified: 20 Mar 2025 04:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item