RANI, RANI (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH BIHARUL ULUM MA’ARIF WIRINGTASI KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 17.1200.054.pdf] Text
17.1200.054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah antara guru dan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa agar mampu mengetahui, memahami dan mengembangkan kemampuannya. Kegiatan belajar mengajar bahasa Arab melibatkan beberapa komponen, yaitu peserta didik, guru (pendidik), tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode mengajar, media, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Biharul Ulum Ma’arif Wiringtasi Kabupaten Pinrang adapun rumusan masalah dalam skiripsi ini (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Biharul Ulum Ma’arif Wiringtasi Kabupaten Pinrang? (2) Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Biharul Ulum Ma’arif Wiringtasi Kabupaten Pinrang? Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriktif, menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun tehnik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian. Dengan adanya metode yang bervarian sangat menguntungkan berguna dan bermanfaat bagi peserta didik agar peserta didik tidak merasa bosan dan mudah dalam menerima pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Aliyah Biharul Ulum Ma’arif Wiringtasi Kabupaten Pinrang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:51
Last Modified: 14 Mar 2025 10:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item