Sewang, Anwar and Halik, Abdul (2018) Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Masalah pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare (Paradigma Sistem Pembelajaran Berbasis Penelitian). Research Report. P3M IAIN Parepare, Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
LAPORAN PENELITIAN IAIN PAREPARE 2018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sistem pembelajaran, implementasi fungsi manajemen pembelajaran berbasis masalah, dan model manajemen pembelajaran Berbasis Masalah pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare. Luaran penelitian ini adalah tersedianya panduan desain perangkat pembelajaran, sistem pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, model manajemen pembelajaran berbasis masalah yang relevan, selanjutnya disusun modul manajemen pembelajaran Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare. Pengembangan sistem pembelajaran dikembangkan melalui basis penelitian. Produk penelitian ini dipublikasikan melalui seminar ilmiah nasional, jurnal nasional terakreditasi, dan melahirkan karya buku ber-ISBN. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Objek penelitian adalah Jurusan Tarbiyah dan Adab. Tahapan penelitian dengan observasi, penyusunan instrument penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumen, triangulasi, dan focus group discussion. Tahapan kegiatan penelitian di lapangan dimulai dengan studi sistem pembelajaran bersama pakar manajemen, analisis kurikulum Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare bersama pimpinan dan dosen pengampuh mata kuliah, telaah manajemen pembelajaran, kajian manajemen pembelajaran berbasis masalah, formulasi model manajemen pembelajaran berbasis masalah, lalu lahir produk penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dan diujicobakan pada tempat dan waktu yang terbatas, lalu dievaluasi dan diverifikasi melalui FGD, dan disimpulkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatori, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi kata; penyajian data; penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Sistem pembelajaran pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare meliputi penyusunan tujuan pembelajaran berdasarkan learning outcomes (LO) mata kuliah pada kurikulum program studi, analisis materi ajar berdasarkan deskripsi dan LO mata kuliah serta perkembangan ilmu pengetahuan, analisis mahasiswa berdasarkan pengalaman dan informasi dari berbagai sumber, pemilihan media pembelajaran seperti media power point melalui LCD, pemilihan strategi dan metode pembelajaran secara bervariasi yang relevan dengan materi ajar dan dunia mahasiswa, dan penetapan sistem evaluasi, baik bersifat proses maupun hasil dengan berbagai teknik tes yang dilakukan; Kedua, Implementasi fungsi manajemen pembelajaran berbasis masalah pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran meliputi menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS); penetapan dosen pengampu mata kuliah; desain materi ajar; analisis mahasiswa; desain media pembelajaran, menetapkan strategi pembelajaran; dan desain sistem evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran meliputi aktualisasi RPS di kelas; pembelajaran berorientasi kepada mahasiswa; sebagian dosen menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dan metode yang bervariasi; menggunakan media khususnya power point dan LCD; memberikan motivasi belajar; penegakkan kodek etik mahasiswa di kelas. Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian proses dan produk belajar mahasiswa;perkembangan kemampuan belajar mahasiswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah; melacak hambatan pembelajaran mahasiswa di kelas; melacak keterbatasan media dan sarana pendukung; dan pemberian rekomendasi atas hasil evaluasi pembelajaran; Ketiga, Model manajemen pembelajaran Berbasis Masalah pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare, melalui dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran berbasis masalah meliputi penyusunan RPS berdasarkan kurikulum program studi berbasis KKNI; tujuan pembelajaran berdasarkan learning outcomes mata kuliah; desain materi ajar dengan memasukkan aspek novelty, proximity, conflict, dan humor; mendesain sistem penugasan mahasiswa secara kelompok menyelesaikan masalah berdasarkan tema dan dipresentasikan di depan kelas sesuai jadwal yang ditentukan; mendesain strategi pembelajaran berbasis masalah melalui kajian, penelitian, dan diskusi ahli; mempersiapkan media yang dapat mendukung visualisasi dan narasi pembelajaran berbasis masalah; menelaah mahasiswa untuk penyesuaian studi kasus dan penelitian; mendesain sistem evaluasi dengan merujuk kepada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal di dalamnya ada absensi, appersepsi, orientasi, dan motivasi; kegiatan inti yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi; kegiatan akhir yaitu konklusi dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran tersebut, yaitu awal, inti, dan akhir, diterapkan dengan berbasis masalah, yang dikondisikan dengan tahapan kegiatan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan tindakan mengukur dan menilai pembelajaran, meliputi ketercapaian tujuan, sinkronisasi perencanaan, efektivitas pelaksanaan, hambatan yang terjadi, dan sebagainya. Evaluasi pembelajaran bersifat proses dan produk dengan prinsip edukatif, objektif, autentik, akuntabel, dan transparan. Capaian yang diukur mahasiswa adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan indikator respon, tahu, sebab, dampak, resolusi, dan relasi. Respon meliputi kepedulian mahasiswa terhadap masalah, pengetahuan terhadap objek masalah (secara kronologis dan deskriptif), memahami sebab terjadinya masalah, mengerti tentang dampak yang ditimbulkan terhadap masalah, kemampuan mencari solusi alternatif terhadap masalah yang dikaji, dan kemampuan menghubungkan objek masalah dengan disiplin ilmu yang lain (multidisipliner). Teknik tes dalam evaluasi melalui pengamatan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan menggunakan instrument tes yang ada.

Item Type: Research (Research Report)
Uncontrolled Keywords: model, manajemen, pembelajaran berbasis masalah, madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:56
Last Modified: 26 Oct 2020 22:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item