Halia, Halia (2020) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kemampuan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK di MTs Negeri Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis TIK di MTs Negeri Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, karena berusaha mendapatkan data yang objektif, valid, dan reliabel dengan menggunakan data yang berbentuk angka, lebih mengutamakan observasi, kuesioner, dokumentasi. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kompetensi guru di MTs Negeri Pinrang termasuk kategori tinggi. (2) Penggunaan media pembelajaran berbasis TIK di MTs Negeri Pinrang termasuk kategori tinggi. (3) Kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis TIK di MTs Negeri Pinrang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memberi dampak proses pembelajaran yang lebih baik. Beberapa implikasi dalam penelitian ini hendaknya guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran. Dengan digunakannya media pembelajaran berbasis TIK, proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton, sehingga peserta didik menjadi lebih mudah menangkap materi yang diajarkan oleh guru selain itu juga meningkatkan motivasi belajar peserta didik. This thesis discusses the influence of teacher competence on the use of ICT-based learning media in MTs Negeri Pinrang. This study aims to determine the effect of teacher competence on the ability to use ICT-based learning media. This type of research is quantitative research, because it tries to obtain objective, valid, and reliable data by using data in the form of numbers, prioritizing observations, questionnaires, documentation. Data obtained through observation, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that, (1) Teacher competency in MTs Negeri Pinrang was in the high category. (2) The use of ICT-based learning media in MTs Negeri Pinrang is included in the high category. (3) Teacher competence has a significant effect on the use of ICT-based learning media in MTs Negeri Pinrang. Based on research that has been done has a better learning process impact. Some implications in this study teachers should use ICT-based learning media in the learning process. With the use of ICT-based learning media, the learning process becomes more varied and not monotonous, so that students find it easier to capture the material taught by the teacher while also increasing student learning motivation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: komptetensi guru, media pembelajaran, berbasis TIK
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:50
Last Modified: 31 Jan 2020 06:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item