Dewi, Mirnawati (2018) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Memilih Internet Banking (Studi pada Bank Mandiri KCP Parepare Patompo). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah memilih internet banking yang terdiri dari faktor atau variabel mudah diakses dan variabel tingkat kepercayaan, sekaligus untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh secara simultan terhadap nasabah memilih internet banking yang ada di bank Mandiri KCP Parepare Patompo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kompratif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan seperti buku-buku, jurnal dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian ini. Adapun untuk pengisian kuesioner menggunakan skala likert dan kuesioner tersebut dibagikan kepada 87 orang responden. Metode yang digunankan dalam pengujian analisis data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, pengujian asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji multikolinearitas, kemudian pengujian regresi dan hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial atau uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel mudah diakses (X1) yang tidak signifikan terhadap nasabah memilih internet banking (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,195 > 0,05 dan nilai thitung 1,305 < ttabel 1,988 atau ditarik kesimpulan bahwa H1 ditolak dan terdapat pengaruh variabel tingkat kepercayaan (X2) yang signifikan terhadap nasabah memilih internet banking (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,818 > ttabel 1,988 atau H2 diterima. Kemudian pada hasil pengujian regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 6,762 + 0,116X₁ + 0,604X₂ yang menunjukkan bahwa variabel tingkat kepercayaan (X2) dominan berpengaruh secara simultan terhadap nasabah memilih internet banking (Y) dengan nilai sebesar 0,604.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mudah diakses, tingkat kepercayaan, nasabah memilih internet banking
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:43
Last Modified: 27 Jan 2020 02:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item