Dewi, Yupina Sari (2018) Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Gadai Emas (Studi di Pegadaian Syariah Kabupaten Sidrap). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.2300.057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang minat nasabah terhadap pembiayaan gadai emas (Studi di Pegadaian Syariah Kabupaten Sidrap). Hal-hal yang dipermasalahkan yaitu bagaimana persepsi nasabah terhadap pembiyaan gadai emas dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan gadai emas. Karena di dalam Pegadaian Syariah ini banyak nasabah yang melakukan transaksi, namun nasabahnya hanya itu terus-menerus yang berulang bertransaksi di lembaga tersebut. Sehingga pegadaian syariah ini berusaha agar mampu meningkatkan nasabahnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Persepsi nasabah terhadap pembiayaan gadai emas mendapat respon yang positif bagi nasabah, karena pelayanan yang diberikan oleh pegadaian syariah yaitu pelayanan yang baik dan sesuai harapan dan kebutuhan nasabah, memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi karena persyaratan, prosedur, dan mekanismenya yang mudah dan perlakuan/ sikap karyawan terhadap nasabah terkesan ramah dan sopan dalam melayani. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan gadai emas yaitu ada 3 faktor. Pertama: faktor sosial yang di pengaruhi oleh keluarga dan peran sosial, yang menjadikan sebuah referensi nasabah dalam mengetahui informasi di pegadaian syariah. Kedua, faktor pribadi yang dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dan pekerjaan, Perekonomian nasabah yang terkadang mendesak, kemudian dari pekerjaan terkadang memerlukan modal dan itu bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan ekonominya. Ketiga, faktor psikolog yang dipengaruhi oleh persepsi nasabah: lokasi dengan tempat tinggal yang mudah dijangkau dan biaya yang dikenakan termasuk biaya yang rendah, tingkat kepercayaan kepada pegadaian syariah membuat nasabah yakin dengan keamanan barang yang di jaminkan, dan dari segi motivasi yaitu setiap nasabah yang loyal dalam bertransaksi gadai emas akan ada hadiah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Gadai emas, Pegadaian Syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 01:31 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 01:31 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |