Hariana, Hariana (2018) Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Masayarakat Menabung pada BRI Unit Hasanuddin Parepare (Analisis Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.2300.110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran dalam bank BRI terutama dalam meningkatkan minat masyarakat menabung ke bank BRI kemudian akan ditinjau dari analisis ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif dengan metode lapangan (field research) maupun penelitian pustaka (library research), literatur yang dijadikan rujukan adalah dokumen. Sumber data berasal dari wawancara dan observasi dengan salah satu kepala staff Marketing. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi buran pemsaran/ marketing mix dimana variabelnya terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), proces (proses), physical evidance (bukti fisik) yang diterapkan dalam BRI Unit Hasanuddin Parepare sangat menunjung keberhasilan dan eksistensi suatu bank BRI, dimana kesemua variabel tersebut sangat penting dan memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap kesuksesan suatu bank terutama dalam hal persaingan anatara bank dan juga merupakan sebagai alat untuk menarik masyarakat menabung dan menjadi nasabah disuatu bank. Ditinjau dari analisis ekonomi Islam. Bauran pemsaran/ marketing mix yang diterapkan oleh BRI Unit Hasanuddin Parepare dengan variabel product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), proces (proses), physical evidance (bukti fisik) telah sesuai dengan syariat dan ajaran-ajaran islam karena telah memenuhi unsur Shiddiq, Amanah, Thabliq, Fhatonah, Kreatif, Berani, Percaya Diri dan Istiqomah. Dimana kesemua unsur tersebut merupakan kiat islam dalam berdagang dan merupakan contoh berdagang Rasulullah SAW. pada zamannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Minat, Bauran Pemasaran, Marketing Mix |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 03:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 03:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1003 |
Actions (login required)
View Item |