Saepudin, Saepudin (2022) Pembelajaran Bahasa Arab di Era Postmethode. IAIN Parepare Nusantara Press. ISBN 978-623-5781-85-3

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
sampul.png - Cover Image

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
Pembelajaran Bahasa Arab di Era Postmethod.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Buku ini menjelaskan beberapa metode pembelajaran bahasa Arab dari metode qawaid dan terjemah sampai dengan metode komunikatif kemudian dikaitkan dengan konsep postmethod atau era pascametode yang menekankan pada penerapan metode yang dikembangkan dengan beberapa variasi penerapannya sebagai hasil dari kreativitas dan inovasi pembelajaran bahasa Arab. Konsep ini sejalan dengan inti dari merdeka belajar yang memberi ruang yang luas bagi peserta didik untuk belajar dan guru untuk mengajar. Guru bukan hanya sebagai pengguna metode tetapi juga mengamati, memotivasi, meneliti, mengelola, mendayagunakan multimedia, multi kecerdasan peserta didik, menciptakan lingkungan yang kondusif, mengevaluasi keseluruhan proses pembelajaran (rencana, strategi, materi, interaksi, konpetensi, relevansi, dan lain sebagainya. Guru tidak hanya sebagai agen transfer of knowledge tatapi juga sebagai pengembang, peneliti, dan aktivis yang selalu mengikuti perkembangan isu-isu pembelajaran bahasa Arab yang mutakhir. Kebijakan tentang Merdeka Belajar yang menitik beratkan akan konsep Link and Match pendidikan dan tuntutan dunia kerja yang senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), perkembangan teori-teori modern dan penggunaan ICT sejalan dengan tuntutan pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini ditandai dengan pengembangan pembelajaran bahasa Arab yang memperhatikan kebutuhan dan karakterisitik peserta didik, dan kebutuhan pengguna di dunia kerja. Kesesuaian tersebut dapat dilihat dari konsep dan upaya guru yang memposisikan dirinya menjadi pribadi merdeka dalam mengembangkan metode pembelajaran bahasa Arab dengan tidak terkungkung pada konsep metode berdasarkan para ahli.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:40
Last Modified: 02 Sep 2022 08:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item